Sabtu, 27 November 2010

Kadin Targetkan Empat Juta Pengusaha

VIVAnews - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan dapat mencetak empat juta pengusaha. Sebagian besar di antaranya diharapkan muncul dari kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang banyak menyerap tenaga kerja, sehingga dapat memperkuat ketahanan ekonomi.

Wakil Ketua Umum Kadin, Anindya Novyan Bakrie, mengatakan hal itu kepada wartawan seusai menghadiri pembukaan Musyawarah Provinsi II Kadin Kepulauan Riau (Kepri) di Hotel Novotel, Batam, Kepri, Sabtu, 27 November 2010.

Target tersebut, menurut Anindya, merupakan bagian dari usaha mempercepat proses pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Sebab, jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitar 400 ribu orang atau 0,2 persen dari populasi penduduk Indonesia.

“Angka itu jauh jika dibandingkan dengan Singapura yang mencapai angka delapan persen (dari total populasi penduduk). Sedangkan target empat juta pengusaha Indonesia itu pun baru sekitar dua persen (dari populasi penduduk)," ujar Anindya.

Rendahnya jumlah pengusaha dibanding populasi penduduk juga merupakan salah satu faktor mengapa perekonomian Indonesia sedikit lebih lamban dibanding beberapa negara di ASEAN.

Meski demikian, perekonomian Indonesia hingga November 2010 memang menunjukkan sinyal positif. Indikatornya ialah nilai tukar rupiah yang mengarah ke level 8.150 per dolar AS, peningkatan ekspor lebih dari 20 persen, indeks saham yang mampu mencapai rekor 3.700, serta cadangan devisa yang diperkirakan pada akhir 2010 mencapai US$100 miliar.

Namun, Anindya melanjutkan, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia belum setinggi negara ASEAN. “Sebab, rata-rata pertumbuhan ekonomi negara-negara di kawasan ASEAN mencapai delapan persen,” kata Anindya. “Sedangkan Indonesia baru 6 persen.” (art)
Laporan: M Arief Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar