Sabtu, 27 November 2010

Timur Didukung Ungkap Pihak Yang Pakai Gayus

VIVAnews – Ketua Komisi III Bidang Hukum Dewan Perwakilan Rakyat, Benny K Harman, yakin Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan mampu menuntaskan kasus terdakwa mafia pajak Gayus Tambunan.

“Sehingga kasus ini tidak perlu ditangani atau diambil alih KPK,” kata Benny yang merupakan anggota Fraksi Demokrat DPR, di sela rapat kerja Fraksi Demokrat di Hotel Crown, Jakarta, Sabtu, 27 November 2010.

Benny berharap Timur tidak lagi sungkan atau takut membuka semua perusahaan-perusahaan yang menjadikan Gayus sebagai agen terkait pajak.

Oleh sebab itu, Benny mengajak semua pihak memberi kesempatan kepada Timur untuk menjalankan tugasnya.

Terkait desakan berbagai pihak agar kasus Gayus Tambunan diambil alih oleh KPK, Benny mengatakan, “Tidak ada jaminan juga kalau KPK yang tangani bisa selesai.”

Mengenai keraguan sejumlah pihak terhadap kemampuan Polri mengungkap kasus Gayus terkait perlakuan istimewa kepada Gayus seperti bisa keluar masuk tahanan, Benny mengatakan, “Itu memang terjadi, tapi kan di masa transisi dari pimpinan yang lama ke yang baru. Saya yakin Kapolri sekarang mampu.”

Menurut Benny, kemampuan Timur berbeda dengan Kapolri sebelumnya.

Apalagi, lanjut Benny, selain pembaruan di tingkat Polri, pimpinan KPK dan Jaksa Agung pun kini sudah baru semua. Benny menyebut mereka sebagai trio pimpinan penegak hukum.

“Mereka ibarat lilin dalam kegelapan untuk saat ini. Artinya, mereka harus bisa memberikan harapan pada masyarakat untuk bisa menyelesaikan kasus hukum yang belum selesai.”

Benny menginginkan ketiga lembaga ini terus bersinergi agar semakin berwibawa, akuntabel, dan memberi energi baru untuk membuat Indonesia keluar dari predikat bangsa yang terkenal banyak terjadi kasus korupsi.

Senada dengan Benny, Rektor Universitas Islam Negeri, Komarudin Hidayat, mengatakan dengan adanya trio hukum ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mempunyai kesempatan untuk menjadi playmaker sekaligus menjawab masalah korupsi yang belum terselesaikan.

“Kalau tiga trio hukum ini berjalan bagus, tentunya berdampak pada peningkatan suara Partai Demokrat juga pada Pemilu 2014,” kata Komarudin yang juga hadir dalam rapat kerja Fraksi Demokrat. (umi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar